RPP matematika


RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan           :
Mata Pelajaran                 : Matematika
Kelas/Semester                 : IV/I
Alokasi Waktu                 : 2 x 35 Menit ( 1 x Pertemuan )
Materi                               : Pengukuran

A.      Standar Kompetensi
3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
B.       Kompetensi Dasar
3.1. Menentukan besar sudut dengan satuan derajat.
C.      Indikator
1.    Menentukan besar sudut dengan menggunakan busur derajat.
2.    Mengukur besar suatu sudut dengan menggunakan busur derajat.
3.    Menentukan sudut siku-siku,Lancip, dan tumpul

D.      Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui media gambar sudut, siswa dapat menentukan bagian-bagian dari sudut dengan tepat
2.      Di berikan busur derajat,  siswa dapat menentukan besar sudut
3.    Dengan di berikan  busur derajat, siswa dapat  menentukan besar suatu sudut dengan tepat.
4.      Dengan menggunakan busur derajat, siswa menghitung besar suatu sudut
5.    Dengan diberikan gambar bermacam-macam sudut, siswa dapat menentukan sudut siku-siku, lancip, dan tumpul

E.       Materi
Pengukuran Sudut

F.       Metode Pembelajaran.
1.      Metode: Ceramah, pengamatan, tanya jawab, penugasan

G.      Kegiatan Pembelajaran
a.                Pendahuluan (± 5 menit )
1.    Guru menyampaikan materi dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Misalnya:
a.    Anak-anak coba tangan kalian ditekuk, antara tangan dan kalian itu membentuk apa?
b.    Selain itu coba kalian perhatikan setiap pojokkan-pojokkan ruangan kelas, disubut apa setiap pojokkan-pojokkan itu?
c.    Nah untuk mengetahui hal itu marilah kita mempelajari materi ini selanjutnya.
b.   Guru mengemukakan tujuan yang hendak di capai
c.    Kegiatan Inti  (±50 menit)
1.    Guru menjelaskan materi pembelajaran secara umum
2.    Siswa memperhatikan penjelasan guru
3.    Guru memperagakan cara menggunakan busur derajat untuk mengukur sudut
4.    Dengan menggunakan media gambar sudut, Beberapa siswa diminta untuk menentukkan besar suatu sudut dengan menggunakan busur derajat
5.    Siswa diminta untuk membandingkan besar suatu sudut
6.    Guru membimbing siswa
7.        Melalui gambar bermacam-macam sudut yang ditempel dipapan tulis, beberapa siswa secara bergantian diminta untuk menentukan besar sudut dan nama sudut
8.        Guru membimbing siswa
9.        Siswa diberi kesempatan untuk bertanya terhadap materi pembelajaran yang belum di mengerti.
10.    Guru menanggapi pertanyaan siswa
d.   Kegiatan Akhir (± 15 menit )
1.    Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
2.    Siswa mengerjakan evaluasi

H.      Sumber Pelajaran
1.      Buku Matematika SD kelas IV, karangan Tim Bina Karya Guru, penerbit erlangga
2.      Silabus SD kelas IV KTSP

I.         Alat dan Bahan
1.      Gambar sudut
2.      Busur derajat.

J.    Evaluasi
1.      Penilaian Proses            : Pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung
2.      Penilaian Hasil              : Tertulis

Bengkulu, 25 november 2010
Praktikan


KONDINSI
A1G 007027








































Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan benar

1.sudut teiri dari 3 macam adalah.....................,....................., dan  .......................................
2.ukurlah gambar-gambar sudut berikut dengan menggunakan busur derajad, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !

a..                                                         Antara sudut C dengan sudut D yang lebih besar adalah sudut..................

b. ..                                          Antara sudut D dengan sudut F yang     lebih besar adalah sudut..................
3.Besar sudut dibawah ini adalah.........................................................
a.                                  Besar < C adalah..........

b.                                 Besar < D adalah..........

4.Tentukanlah besar sudut di bawah ini dengan menggunakan busur derajat!
a.     

b.     .

c.      .

d.      

5.Periksalah jenis sudut yang ada pada permukaan bangun datar berikut. Tentukan nama sudut nya??
a. sudut apakah yang ada pada segitiga sama sisi adalah termasuk sudut ?
b, sudut apakah yang terdapat pada Permukaan meja ?





















Kunci Jawaban

1.    Sudut siku-siku ,sudut lancip, dan sudut tumpul.
2.    Yang lebih besar adalah:
a.    Sudut D
b.    Sudut D
3.    Besar sudut :
a.    Besar < C adalah 3  sudut satuan
b.    Besar < D adalah 5 sudut satuan
4.    Besar sudut dibawah ini adalah.........................................................
c.                                     Besar < C adalah..........

d.                                    Besar < D adalah..........

5.    Tentukanlah besar sudut di bawah ini dengan menggunakan busur derajat!
e.        

f.         .

g.        .

h.         

6.    Periksalah jenis sudut yang ada pada permukaan bangun datar berikut. Tentukan nama sudut nya??
a. sudut apakah yang ada pada segitiga sama sisi dalah termasuk sudut ? sudut lancip
b, sudut apakah yang terdapat pada Permukaan meja ?sudut siku-siku

PENILAIAN KELAS
Penilaiaan kelas dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung,baik saat siswa bekerja dalam kelompok maupun saat siswa bekerja secara individu dan presentasi didepan kelas lembaran ini diisi per-15 menit.

Kelas               :IV  SD
Tanggal           : 25 November 2010

TUJUAN PEMBELAJARAN
NO
NAMA SISWA
I
2
3
4
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS IV SD SEMESTER I











OLEH
KONDINSI
A1G007027

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2010



0 komentar "RPP matematika", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar